Bhabinkamtibmas Polsek Rappocini Raih Penghargaan Kapolrestabes Makassar

  • Bagikan

PENASULSEL.COM,MAKASSAR – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 78, Kapolrestabes Makassar beri penghargaan kepada juara 2 lomba Bhabinkamtibmas Berprestasi Tingkat Polda Sulsel, Senin (1/7/2024)

Piagam Penghargaan diberikan oleh Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Dr. Mokhamad Ngajib, S.I.K., M.H kepada Bhabinkamtibmas Polsek Rappocini Bripka Kasman S.Psi

pdam-seminggu pdam
bapenda
bapenda

Bripka Kasman menerima penghargaan setelah Apel HUT Bhayangkara dilapangan Polrestabes Makassar sebagai bentuk apresiasi karena telah menjadi juara 2 Bhabinkamtibmas Berprestasi.

Dikabarkan sebelumnya, Bripka Kasman pernah menjadi Juara 1 Lomba Bhabinkamtibmas Tingkat Polrestabes Makassar pada tahun 2023 Lalu.

Kini kembali lagi diganjar penghargaan Juara 2 Lomba Bhabinkamtibmas Tingkat Polda Sulsel Tahun 2024, menjadikan karir Bripka Kasman makin cemerlang.

Perjalanan Bripka Kasman selama menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Kel. Karunrung Polsek Rappocini Polrestabes Makassar Sejak 23 September 2016 s/d Sekarang sekitar 7 Tahun 9 Bulan, banyak capaian yang telah ditorehkan olehnya.

Salah satu capaian yang paling fastastis yaitu Beliau berhasil membentuk kelompok mitra Masyarakat yang bernama FKPM (Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat) di Kelurahan Karunrung Kecamatan Rappocini Makassar.

Baca Juga:  Pj Wali Kota Makassar, Prof Rudy Tantang Camat Buat Program Berkonsep Pariwisata

Kelompok masyarakat yang awalnya berjumlah 17 orang sekarang sudah mencapai 60 orang dan kepengurusan organisasi sudah disertai dengan KTA untuk Anggotanya dan dilantik langsung oleh Bapak Kapolrestabes Makassar pada saat itu Kombes Pol. Budi Hariyanto SiK MH.

Selanjutnya Bhabinkamtibmas Kel. Karunrung Bripka Kasman bersama dengan 3 Pilar Kelurahan Karunrung dan Tomas, Toga dan Toda serta teman-teman FKPM berhasil mempelopori pembangun Kantor Balai FKPM Karunrung yang murni swadaya masyarakat yang ada di Kel. Karunrung dengan anggaran sekitar 157 Juta Rupiah.

Proses pembangunan yang berlangsung sekitar 1 Tahun, tepatnya tanggal 28 Desember 2023 Balai FKPM Karunrung Kecamatan Rappocini Makassar telah berhasil selesai dibangun dan diresmikan oleh Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. DR. Mokhamad Ngajib SH,MM

Menjadikan Balai FKPM Karunrung adalah Balai pertama yang diresmikan langsung oleh Kapolrestabes Makassar.

Baca Juga:  Tiga OPD Turun Tangani ODGJ di Bulukumba

Bripka Kasman selama mengemban tugas selaku Bhabinkamtibmas Kel. Karunrung Polsek Rappocini juga berhasil membuat beberapa program unggulan diwilayah binaannya, Seperti ;

1. Membentuk Organisasi FKPM
dan Membangun Kantor Balai
FKPM dengan Swadaya
Masyarakat

2. Binmas Pioneer dengan
Memanfaatkan lahan tidur untuk
dikelola oleh masyarakat dengan
membentuk kelompok Tani dan
Budidaya Ikan

3. Karunrung Bebas Perpok dimana selama beliau menjabat sebagai Bhabinkamtibmas Kelurahan Karunrung Kecamatan Rappocini berhasil meredam setiap komplik agar tidak meluas dan menjadi Pertikaian kelompok atau perang kelompok.

3. Problem Solving, Bhabinkamtibmas selalu hadir bersama dengan 3 Pilar Kelurahan Karunrung beserta FKPM untuk menyelesaikan Permasalah Masyarakat dengan Pola Mediasi dan Musyawarah

4. Pola Pembinaan Anak Jalanan dimana setiap warga yang terlibat dengan kasus2 ringan atau Tipiring dilakukan pembinaan berupa pembelajaran Agama di Masjid2 dan selalu dalam pantauan Bhabinkamtibmas.

Baca Juga:  Maintenance Server, Disdukcapil Gowa Berhentikan Sementara Terbitkan Dokumen Kependudukan

5. Antisipasi Kasus 3C dengan Membangun Poskamling disetiap RW diwilayah Binaannya dimana keaktifan seluruh element masyarakat untuk menyadari pentingnya Keamanan sehingga masyarakat dapat berpartisipasi langsung dalam Harkamtibmas.

Adapun Profil Bhabinkamtibmas
Nama : KASMAN S.PSI
TTL. : Sidrap 03 Maret 1986
Pangkat : BRIPKA
Jabatan : BHABINKAMTIBMAS KARUNRUNG POLSEK RAPPOCINI
23 September 2016 s.d Sekarang

“Hari ini tepat Berusia 78 Tahun untuk Kepolisian Negara Republik Indonesia Kami berusaha bekerja dengan ikhlas menjalankan program-program kepolisian dengan memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan terhadap masyarakat dan terkhusus yang bersentuhan langsung dengan masyarakat binaan kami selaku Bhabinkamtibmas selalu melakukan dialog secara terbuka untuk mendengarkan keluhan masyarakat baik yang menyangkut Politik, Ekonomi Sosial Budaya dan Keamanan sehingga permasalahan- permasalahan dikewilayahan dapat kami tangani dengan maksimal”, Jelas Bripka Kasman

“Kami juga sangat terbantu dengan keberadaan Organisasi FKPM dimana peran mereka sangat terasa dalam Harkamtibmas diwilayah binaan kami”, tutupnya.

bapenda banner bapenda
Reporter : Editor :
  • Bagikan