Kunker Ke – NTT Presiden RI Tinjau Kawasan Food Estate dan Meresmikan Bendungan Napun Gete

  • Bagikan

PENASULSEL.COM,KUPANG– Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke – Nusa Tenggara Timur pada Selasa pagi, (23/02/2021).

Kepala Negara bersama rombongan terbatas lepas landas menuju Kabupaten Sumba Barat Daya dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 06.00 WIB.

bapenda bapenda bapenda

Di dalam perjalanan ini, Bapak Presiden Republik di dampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mentan Syahrul Yasin Limpo, Seskab Pramono Anung dan Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor B. Laiskodat. Rencana Kunjungan Kerja Kali ini, Bapak Presiden Republik Indonesia akan meninjau kawasan food estate yang terletak di Bukit Ngora Lenang, Lai Patedang, Desa Makata Keri, Kec Katiku Tana, Kab Sumba Tengah Provinsi NTT.

Baca Juga:  Jelang Presiden Joko Widodo ke Makassar , Danny Pomanto Pastikan Tinjau Lokasi Vaksinasi Sesuai Prokes

Saat ini, Kementerian PUPR bersama kementerian pertanian tengah mengembangkan program food estate di Provinsi NTT yang diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa dan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020 – 2024. Selain itu, dalam menunjang program ini Infrastruktur yang dibangun untuk mendukung food estate di Sumba ini terdiri dari sumur bor dan embung yang direncanakan dapat memenuhi kebutuhan irigasi lahan pertanian. Sumur bor sebanyak Tujuh (7) unit dengan kedalaman pengeboran sedalam 57 – 70 meter dan jarak dari sumur bor ke saluran pembagi 1.5 km tersebut mempunyai kapasitas 50,59 liter/detik untuk lahan pertanian seluas 50,59 Ha. Sedangkan embung sebanyak 1 unit mempunyai kapasitas tampung 850.000 m3 untuk lahan pertanian seluas 200 Ha.

Baca Juga:  Jokowi Puji Stabilitas Harga Pangan di Makassar, Danny Pomanto: Kita Intervensi Terus

Setelah selesai meninjau food estate, Presiden Jokowi akan berangkat ke Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, NTT untuk menghadiri peresmian Bendungan Napun Gete, Selasa, (23/02/2021).

Bendungan Napun Gete akan menjadi destinasi Presiden di Kabupaten Sikka di mana Kepala Negara akan meresmikan sekaligus meninjau bendungan yang telah dibangun sejak tahun 2016 tersebut.

Presiden Joko Widodo pada Selasa pagi, 23 Februari 2021, bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam rangka kunjungan kerja. Rencananya selepas rangkaian acara di Nusa Tenggara Timur, Presiden bersama rombongan terbatas akan langsung kembali menuju Jakarta, 23/02/2021).

bapenda banner bapenda
Editor :
  • Bagikan