Layanan Medis Gratis di Kemah Bakti Kesehatan

  • Bagikan

PENASULSEL.COM,BULUKUMBA– Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Dinas Kesehatan kerjasama dengan stakeholder kesehatan lainnya menggelar Kemah Bakti Kesehatan di lapangan Bacari Desa Palambarae Kecamatan Gantarang. Kemah Bakti yang berlangsung selama dua hari Sabtu- Minggu, 2-3 November 2019 diisi dengan kegiatan bakti sosial dan perlombaan antar peserta perkemahan yang diikuti oleh petugas Puskesmas, RSUD, Klinik Kesehatan, Perguruan Tinggi Kesehatan dan Dharma Wanita Dinas Kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan dr. Wahyuni, Kemah Bakti Kesehatan memiliki pesan semangat kesehatan bagi para petugas kesehatan untuk memupuk kebersamaan dan kolaborasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kemah Bakti di lapangan untuk menjalin kedekatan dengan warga sekaligus memberikan layanan medis.

bapenda bapenda bapenda

“Kita melakukan pemeriksaan dan deteksi dini penyakit tidak menular dengan menghadirkan dokter spesialias THT dan spesialis mata dari RSUD H Andi Sulthan Daeng Radja,” tuturnya.

Baca Juga:  Permudah Pemeriksaan Auditor, Bupati Andi Utta Lauching APPTi

Sementara itu, Bupati AM Sukri Sappewali saat membuka Kemah Bakti menyampaikan terima kasih kepada para petugas medis yang senantiasa berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Meski sering disoroti dan dikeluhkan di beberapa tempat layanan kesehatan, AM Sukri Sappewali meminta para petugas medis untuk tetap semangat dan melanjutkan pengabdiannya.

“Pekerjaan petugas medis itu pekerjaan yang tidak kenal lelah, pekerjaan yang memerlukan kesabaran, ketekunan, dan keseriusan. Kalau anda tidak serius, maka pasien bisa jadi tidak terselamatkan,” ungkapnya di hadapan peserta Kemah Bakti.

Baca Juga:  Buka Musrembang, Bupati Bulukumba Gagas RKPD 2022

Pada perekrutan CPNS Tahun 2019 ini, lanjut AM Sukri Sappewali sebanyak 104 kuota dibuka untuk tenaga kesehatan. Dirinya meminta yang masih honor untuk mempersiapkan diri mengikuti tes CPNS nantinya. Bagi yang berusia 35 tahun ke atas, pihaknya akan mempertimbangkan untuk melakukan perekrutan dengan mekanisme Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Usai pembukaan AM Sukri Sappewali memantau pelaksanaan bakti sosial, tampak warga dan pelajar memenuhi tenda layanan medis. Ada beberapa pemeriksaan dilakukan, seperti kolesterol, mata, pendengaran, dan pemeriksaan golongan darah yang rata-rata dilakukan oleh siswa sekolah dasar. Tidak ketinggalan Bupati AM Sukri Sappewali juga memeriksakan kondisi matanya. Purnawirawan TNI berusia 63 tahun ini ternyata masih memiliki mata yang normal atau belum menggunakan alat bantu kacamata.

Baca Juga:  Dr. Indrawati Sarankan CJH Bulukumba Istirahat Secukupnya

Adapun item perlombaan untuk memeriahkan dan menjalin kebersamaan dalam Kemah Bakti ini, seperti lomba nyanyi, lomba gala hadang, terompah, dan lari karung menggunakan helm. Untuk diketahui HKN ke 55 tahun 2019 mengambil tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”

Turut hadir dalam pembukaan Kemah Bakti, Ketua DPRD H Rijal, anggota Komisi E DPRD Provinsi Andi Anwar Purnomo, serta sejumlah kepala OPD.

bapenda banner bapenda
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *