Soni Sumarsono Dampingi JK Resmikan Gedung dan Kantin Di Unhas Tamalanrea

  • Bagikan

PENASULSEL.com MAKASSAR — Hari Sabtu, 23 Juni 2018, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) mendampingi Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla yang berkunjung dan meresmikan beberapa fasilitas yang dimiliki oleh Universitas Hasanuddin (Unhas) Tamalanre Makassar dan di Kampus Fakultas TekniK Unhas di Kabupaten Gowa.

 

bapenda bapenda bapenda

Wapres meresmikan tiga fasilitas, yaitu Kampus Fakultas Teknik Gowa, Gedung Center of Microfinance di Tamalanrea, dan Kantin Tematik di Fakultas Peternakan Unhas.

 

Pada peresmian pertama yaitu gedung Center of Microfinance Unhas, gedung ini merupakan kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia.

 

JK dalam sambutannya mengatakan, bahwa bangsa ini dibangun oleh dua, yaitu kelompok pemerintah dan pengusaha.

 

“Selain pemerintahan yang baik, pengusahanya juga harus baik, itulah mengapa harus menciptakan pengusaha,” kata JK.

Baca Juga:  Dinas Lingkungan Hidup Bantaeng Tutup Mata Terhadap Limbah (Slag) Nikel Smalter PT. Huadi yang di Buang ke Laut

 

Terdapat perbedaan kemampuan akses pengetahuan bagi pengusaha besar dengan pengusaha kecil dan menengah,  pengusaha kecil dan menengah lebih sulit mengakses ilmu dan informasi yang ada. Sehingga perguruan tinggi dan pemerintah harus hadir.

 

“Maka dari itu perguruan tinggi harus melatih mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman. Termasuk pemerintah dengan kredit murah. Dan harus terarah dengan baik dan dengan menghadirkan pemerataan yang baik,” harapnya.

 

Ia juga berharap korporasi mau bekerjasama dengan perguruan tinggi,  termasuk membantu melalui dana CSR atau dan tanggung jawab sosial yang dimiliki.

 

Pusat pengembangan dan penelitian ini diharapkannya akan aktif diisi dengab berbagai kegiatan yang melibatkan mahasiswa dan para pengusaha kecil dan menengah.

Baca Juga:  Ingin Capai Target, Plt Kadis PPKB Makassar Intens Lakukan Koordinasi

 

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Kampus Fakultas Teknik Unhas di Gowa dapat terealisasi berkat dorongan dan dukungan dari Wapres Jusuf Kalla yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Unhas. Begitu juga dengan pembangunan Gedung Center of Microfinance di Kampus Tamalanrea, yang nantinya diharapkan dapat mengintegrasikan upaya mengembangkan iklim usaha pada kalangan pengusaha mikro, kecil dan menengah.

 

Selanjutnya, pengoperasian Center of Microfinance ini akan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai salah satu pusat unggulan inovasi.

 

Dalam sambutannya, Rektor Unhas Dwia Ariestina Pulubuhu mengucapkan keterima kasih atas kesediaan JK selaku Wapres melakukan hadir dan melakukan peresmian.

Baca Juga:  Hari Kedua, Wakil Wali Kota Makassar Pantau UNBK di SMPN 18

 

“Saya mengucapkan terima kasih sudah hadir dan meresmikan, dan izin juga untuk melaunching kantin sumbangan dari masyarakat Thionghoa yang ada di Makassar,” kata Dwia.

 

Tujuan dari hadirnya Gedung Center of Microfinance ini untuk menjadi pusat pengembangan ilmu dan pemecahan masalah yang berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama yang terkait dengan pelaku usaka kecil dan menengah.

 

Pusat mikro finansial ini memiliki tiga divisi. Diantaranya, pendidikan dan sertifikasi, riset dan publikasi serta pelatihan dan advocacy.

 

“Semoga kita bisa menghasilkan peraih Nobel, Insya Allah. Kami juga berharap bukan gedung saja teyapi dapat melahirkan saudagar yang lebih banyak dan go internasional,” harapnya.(*)

bapenda banner bapenda
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *