Apel Tiga Pilar Digelar Untuk Jalin Kebersamaan dan Sinergitas

  • Bagikan

 

PENASULSEL.com MAKASSAR — Pemerintah Kabupaten bersama jajaran TNI dan Polri menggelar Apel Tiga Pilar. Tiga pilar dimaksud adalah Bintara Pembina Desa (Babinsa), Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta para Kepala Desa/Lurah se Kabupaten Bulukumba.

pdam-seminggu pdam
bapenda
bapenda

Apel Tiga Pilar yang digelar di lapangan Pemuda dipimpin Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali didampingi oleh Dandim 1411 Letkol ARM Joko Triyanto, dan Kapolres AKBP Syamsu Ridwan. Ketiga pemimpin instansi ini pun secara bergantian menyampaikan sambutan/amanat kepada para peserta Apel yang dihadiri personil Babinsa, Bhabinkamtibmas serta para kepala desa dan lurah, Senin 22 Januari 2018.

Bupati AM Sukri Sappewali menyampaikan kegiatan apel seperti ini merupakan forum untuk meningkatkan wawasan serta penyamaan visi terhadap berbagai permasalahan aktual yang terjadi di wilayah Kabupaten Bulukumba dalam rangka mewujudkan kesamaan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak guna keterpaduan dan sinergitas antara aparat TNI, Polri dan Para Kepala Desa/Lurah, khususnya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pesta Demokrasi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

Baca Juga:  Hadiri Baksos Pemasangan Gigi Palsu, Sekda Harap Kegiatan Ini Terus Berlanjut

Dirinya berharap, proses pelaksanaan Pileg dan Pilpres berjalan aman, lancar dan damai. Olehnya itu diperlukan dukungan dan sinergitas semua pihak, khususnya dari para Babinsa, Bhabinkamtibmas dan para kades dan lurah untuk senantiasa memonitor, mendeteksi berbagai persoalan di masyarakat yang bisa menimbulkan konflik lebih besar di wilayahnya masing-masing.

Dalam konteks ini, tiga pilar memiliki peran penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat jika timbul masalah untuk secepatnya diselesaikan di wilayahnya masing-masing. “Saya berharap, hal-hal yang dianggap menjadi persoalan, sedini mungkin dicarikan solusi dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait,” pinta AM Sukri Sappewali dalam sambutannya.

Baca Juga:  Wali Kota Danny Minta Keseriusan Lurah Camat Deteksi Kesehatan Warga

Sementara itu AKBP Syamsu Ridwan mengemukan, ibarat sebuah bangunan, tiga pilar inilah yang menopang bangunan tersebut untuk tetap berdiri. Kalau pilar ini kuat maka bangunan itu itu pun juga kuat. Pilar tersebut kata, Syamsu Ridwan, harus saling menyanggah dan menyokong, serta bersinergi.

Olehnya itu, momentum apel tersebut, lanjut AKBP Syamsu Ridwan untuk menjalin komunikasi dan kebersamaan antara tiga pilar, termasuk koordinasi antara camat, danramil dan kapolsek.

Dalam suasana jelang Pemilu 2019, Bang Anchu sapaan akrab Syamsu Ridwan berharap tiga pilar menjadi bagian dari unit cooling system atau pihak yang mendinginkan suasana jika terjadi permasalahan di wilayahnya masing-masing.
“Kalau di desa ada permasalahan yang menghangat, ketiga pilar ini harus mengambil peran. Kades ajak Babinsa atau Bhabinkamtibmas untuk menyelesaian permasalahan warga tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sumarsono Perkenalkan Jufri Rahman Sebagai Penjabat Bupati Sinjai

Senada yang disampaikan Kapolres, Dandim Joko Triyanto meminta ketiga pilar ini senantiasa bersinergi di lapangan, agar kehidupan masyarakat di wilayahnya lebih kondusif. “Kita ini bagian dari syistem negara, semuanya punya tanggungjawab masing-masing dalam menjaga suasana kehidupan di masyarakat,” imbuh Joko Triyanto.

Usai apel pihak Satlantas Polres Bulukumba menampilkan simulasi cara berkendara yang baik dan benar (safety riding). Selanjutnya untuk menjalin keakraban dan kebersamaan antara tiga pilar ini, jajaran Dandim 1411 melakukan kegiatan outbond dengan memberikan lomba permainan seperti baris berbaris, hola hop, bola tali, buldozer, permadani terbang, dan water estafet. Pemenang lomba diberikan hadiah yang diserahkan oleh Bupati Bulukumba.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, Ketua DPRD Andi Hamzah Pangki, dan Sekretaris Daerah Andi Bau Amal.

bapenda banner bapenda
  • Bagikan