Pj Gubernur Sulsel Sumarsono Coba Salep Keong Emas

  • Bagikan

PENASULSEL.com SINJAI — Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono hadir pada Pameran Pekan Inovasi Daerah yang digelar Kabupaten Sinjai di Gedung Pertemuan Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Senin (27/8).

Penjabat Bupati Sinjai Jufri Rahman dalam saat membuka acara, mengatakan, Ia membuka selain sebagai Pj Bupati juga sebagai Kepala Bappeda Sulsel mewakili Gubernur Sulsel.

pdam bapenda bapenda

“Inovasi ini luar biasa, cuma kadang ada potensi yang tidak dilihat. Inovasi ini hadir karena hasil olahan cipta, rasa dan karsa, cuma orang tidak sadari. Ini karena mereka mampu membaca peluang yang ada yang tidak bisa dilihat oleh orang lain,” kata Jufri.

Baca Juga:  PD Parkir Gandeng Kepolisian Untuk Tertibkan Jukir Liar

Jufri berharap inovasi ini dapat lahir dari desa-desa. Karena di desa juga telah didukung pendanaan dari pemerintah. Terdapat dana desa yang baik digunakan untuk mendukung hadirnya inovasi dari desa-desa.

“Dibandingkan hadir di seminar atau pelatihan yang belum tentu ada hasilnya,” kata Jufri.

Ia juga berterima kasih atas partisipasi dari dunia pendidikan, terutama dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)

“Adek-adek terus berkarya, lakukan apa yang bisa dikembangkan,” sebutnya.

Usai membuka, Sumarsono didampingi Jufri Rahman meninjau lokasi pameran. Beberapa yang dihasilkan antara lain, SMA 10 Sinjai dengan pemanfaatan buah trambesi sebagai zat anti rayap.

Baca Juga:  Mulai Ramai Dikunjungi Pembeli, Pj Sekda Kota Makassar Kunjungi New Makassar Mall

Ainun penemu sebagai penemu melihat banyak tremebsi di depan sekolahnya. Dan kemudian melakukan penelitian.

“Buahnya, dilihat dari pohonnya sulit di makan rayap maka kami mencari kandungnya, ada kandungan terpenoid untuk menghambat produksi rayap. Tidak merugikan hewan lain seperti rayap. Dalam bentuk cair disemprotkan, alami dan tidak bersifat kimia,” sebutnya.

Sumarsono pun terkesima dengan penemuan Ainun dan teman-teman. Penemuan mereka lainnya adalah pemanfaatan botol bekas untuk penyulingan air laut. Ini adalah pameran pertama mereka.

“Wih… Hebat… Ini sudah dipasarkan ya..?” tanya Sumarsono.

Inovasi lainnya adalah salep keong emas atau siput murbei untuk nyeri sendi dari SMAN 6 Sinjai, Sumarsono sempat mencoba langsung produk mereka.

Baca Juga:  Di Lirik Kota Lain, Program Isolasi Apung Terpadu Berhasil Tekan Laju Covid Di Makassar

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Sinjai dengan rangkaian kegiatan diantaranya Pameran Inovasi, cerita sukses dari pelaku usaha kreatif, serta Lomba Karya Tulis Ilmiah antar SMA Sederajat se-Kabupaten Sinjai.

Selain itu, juga hadir seminar hasil penelitian dari beberapa Dosen Universitas Hasanuddin.

Peserta pameran inovasi berasal dari Badan Usaha Milik Desa atau Bumdes, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Usaha Rintisan, peserta lomba karya tulis ilmiah, hingga komunitas yang ada di Sinjai.(*)

bapenda banner bapenda
  • Bagikan