Dinkes Lakukan Deteksi Dini Faktor Risiko Kecelakaan Cadera (GAkCE) Bagi Pengemudi. Disini Tempatnya

  • Bagikan

PENASULSEL.com BANTAENGDalam rangka pekan aman arus mudik lebaran tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng melakukan kegiatan Deteksi Dini Faktor Risiko Kecelakaan dan Cedera (GAKCE) Bagi Pengemudi.

 

pdam-seminggu pdam
bapenda
bapenda

Kegiatan ini bekerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia Resort Bantaeng, Dinas Perhubungan Kabupaten Bantaeng, dan Brigade Siaga Bencana Kabupaten Bantaeng dalam wadah PSC 119 Kabupaten Bantaeng.

 

“Kita menyelenggarakan Kegiatan ini dalam dua tahap yakni pada tanggal 12 Juni 2018 (arus mudik) dan 19 Juni 2018 (arus balik) bertempat di Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Bantaeng,” Kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Armansyah dalam rilis tertulisnya.

Baca Juga:  Dorong Peningkatan Daya Saing Produk, Dispar Gelar Sosialisasi Perolehan Hak Merek Dan Desain Industri

 

Adapun jenis Pemeriksaan Kesehatan Pengemudi yang dilakukan adalah Pemeriksaan Tekanan Darah, Pemeriksaan Kadar Gula Darah dan Kolesterol, Pemeriksaan Narkoba (Amfetamine, Morfine, Ganja) dan Pemeriksaan Alkohol

“Dengan hadirnya kegiatan pemeriksaan ini, diharapkan akan mampu mengurangi faktor risiko penyebab terjadinya kecelakaan dan cedera di jalan raya selama arus mudik dan balik tahun 2018.”tambahnya.

 

Baca Juga:  Longwis Flamboyan Butuh Sentuhan Lampu Jalan, Fatmawati Rusdi Juga Minta Pengetan

Sementara itu,  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Andi Ihsan, menetapkan Pos Kesehatan Jalur Mudik Lebaran  di sepanjang Jalan Poros Kabupaten Bantaeng, diluar Pos Pelayanan Lalu Lintas Terpadu 99 yang telah ada sebelumnya,  sebanyak 3 titik yaitu Puskesmas Bissappu, Puskesmas Lasepang dan Puskesmas Baruga

 

“Ketiga Pos Kesehatan ini mampu melayani para pemudik apabila mengalami gangguan kesehatan selama melintas disepanjang jalan poros Kabupaten Bantaeng. Kegiatan pemeriksaan dan hadirnya pos kesehatan tersebut diatas merupakan upaya untuk menciptakan Mudik yang Sehat, Aman, dan Selamat tahun 2018,” Kata dr Andi Iksan.

Baca Juga:  Petani Rumput Laut Pa'jukukang Dirugikan Pihak SMALTER

 

Pada kesempatan tersebut,  Turut hadir dalam kegiatan ini Kasat Lantas Polres Bantaeng, AKP Jaka Santosa memimpin langsung Polisi Lalu Lintas untuk menghentikan kendaraan umum dan mengarahkan para sopir angkutan kota dalam menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan.

 

Dari 60 orang sopir angkutan kota yang diperiksa diperoleh hasil negatif pada semua sampel urine sopir yang dilakukan uji narkoba. Bagi sopir yang mengalami kelelahan dianjurkan untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan mudik.

bapenda banner bapenda
  • Bagikan